TAHAPAN PENGAJUAN DAN PEMERIKSAAN UKL-UPL

TAHAPAN PENGAJUAN DAN PEMERIKSAAN UKL-UPL

Berdasarkan Peraturan Bupati Pemalang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup serta Penerbitan Izin Lingkungan, pemeriksaan UKL-UPL dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. penerimaan dan pemeriksaan administrasi permohonan Izin Lingkungan dan UKL-UPL;
  2. pemeriksaan substansi UKL-UPL.

PENERIMAAN DAN PEMERIKSAAN FORMULIR UKL-UPL

  1. Permohonan Izin Lingkungan dan permohonan Pemeriksaan/Rekomendasi UKL-UPL diajukan oleh pemrakarsa (penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan) secara tertulis dengan dilampirkan dengan formulir UKL-UPL yang telah diisi oleh pemrakarsa, dokumen pendirian usaha dan/atau kegiatan, profil usaha dan/atau kegiatan kepada Bupati melalui kepala SKPD Lingkungan Hidup Kabupaten
  2. Formulir UKL-UPL wajib disampaikan dalam bentuk cetakan (hardcopy) dan file elektronik (softcopy).
  3. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten memberikan tanda bukti penerimaan formulir UKL-UPL yang akan diperiksa kepada pemrakarsa, dilengkapi dengan hari dan tanggal penerimaan permohonan Izin Lingkungan dan formulir UKL-UPL
  4. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten melakukan uji administrasi terhadap permohonan Izin Lingkungan dan formulir UKL-UPL yang telah diisi.
  5. Berdasarkan hasil uji administrasi tersebut, Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten memberikan pernyataan tertulis mengenai kelengkapan atau ketidaklengkapan uji administrasi permohonan Izin Lingkungan dan UKL-UPL.
  6. Dalam hal UKL-UPL dinyatakan tidak lengkap, maka Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten mengembalikan permohonan Izin Lingkungan dan UKL-UPL kepada pemrakarsa.
  7. Dalam hal permohonan Izin Lingkungan dan UKL-UPL dinyatakan lengkap, maka Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten memberikan pernyataan tertulis perihal kelengkapan persyaratan permohonan Izin Lingkungan dan permohonan pemeriksaan/ Rekomendasi UKL-UPL kepada pemrakarsa.
  8. Pernyataan tertulis mengenai kelengkapan administrasi hanya dapat diberikan apabila uji administrasi menyimpulkan bahwa permohonan Izin Lingkungan dan pemeriksaan UKL-UPL yang disampaikan lengkap secara administrasi; dan UKL-UPL yang sudah dinyatakan lengkap telah diserahkan kepada Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten sesuai jumlah kebutuhan untuk rapat koordinasi pemeriksaan substansi formulir UKL-UPL (Paparan UKL-UPL).
  9. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten mulai mencatat kronologis proses penerbitan Izin Lingkungan dan pemeriksaan substansi formulir UKL-UPL  dan memulai perhitungan jangka waktu proses pemeriksaan substansi formulir UKL-UPL.
  10. Kepala Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten mengumumkan permohonan Izin Lingkungan. Pengumuman merupakan pelaksanaan atas keterbukaan informasi. n.

PEMERIKSAAN SUBSTANSI UKL-UPL

  1. Pemeriksaan substansi formulir UKL-UPL dilakukan setelah formulir UKL-UPL dinyatakan lengkap dan setelah jangka waktu paling lama pemberian saran, pendapat, dan tanggapan masyarakat telah berakhir ( jangka waktu pemberian saran, pendapat, dan tanggapan paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak diumumkan).
  2. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten melakukan pemeriksaan substansi formulir UKL-UPL paling lama 14 (empat belas) hari kerja sejak formulir UKL-UPL dinyatakan lengkap secara administrasi.
  3. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten menyelenggarakan rapat koordinasi (Paparan UKL-UPL oleh Pemrakarsa) untuk memeriksa substansi formulir UKL-UPL yang disampaikan.
  4. Formulir UKL-UPL yang disampaikan wajib diterima oleh instansi terkait paling sedikit 1 (satu) hari kerja sebelum rapat koordinasi dilakukan.
  5. Rapat koordinasi dapat melibatkan pemrakarsa dan instansi terkait.
  6. Dalam hal hasil pemeriksaan memutuskan bahwa formulir UKL-UPL yang telah diisi tersebut memerlukan perbaikan, maka: dalam rapat koordinasi/paparan, dilakukan perbaikan atas isian formulir tersebut guna memastikan hal-hal yang memerlukan perbaikan telah dicantumkan dalam formulir UKL-UPL dimaksud; atau pemrakarsa wajib memperbaiki formulir UKL-UPL sesuai dengan hasil masukan rapat koordinasi/paparan.
  7. Dalam hal pemrakarsa memerlukan waktu untuk memperbaiki formulir UKL-UPL, pejabat yang ditunjuk, Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten mengembalikan formulir UKL-UPL dimaksud kepada pemrakarsa.
  8. Hasil perbaikan wajib disampaikan kembali oleh pemrakarsa kepada Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten
  9. Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten melakukan pengecekan kebenaran atau kesesuaian atas hasil perbaikan yang telah dicantumkan dalam UKL-UPL yang telah diperbaiki beserta pemeriksaan kembali substansi untuk menentukan persetujuan atau penolakan UKL-UPL.

BAGAN ALIR PENGAJUAN DAN PEMERIKSAAN UKL-UPL BESERTA PENERBITAN IZIN LINGKUNGAN 

Bagan Alir ukl-upl

SELAMAT DATANG DI SITUS KANTOR LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PEMALANG