seven-billion-dreams-one-planet-consume-with-care

Tema dan Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia. Puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali pada tahun 1972, telah menjadi media bagi PBB (melalui UNEP) untuk mengampanyekan akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

Seperti tema tahun sebelumnya, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) Tahun 2015 ini melalui proses voting yang digelar terbuka di situs United Nations Environment Programme (UNEP). Hingga awal April, tema hari perayaan lingkungan hidup sedunia baru ditetapkan.

Dari beberapa pilihan, akhirnya tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 yang kemudian ditetapkan oleh UNEP adalah Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care. Tema ini mengalahkan beberapa pilihan lainnya seperti : Unlimited Love for a Limited Planet. Consume with Care; Smart Choices. Happy People. Whole Planet;Infinite Opportunities. Finite Planet. Consume with Care; dan Dream Big. Consume Small. Love Our Planet.

seven-billion-dreams-one-planet-consume-with-care (1)

Di Indonesia tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care” diterjemahkan menjadi: “Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi“.

Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015

Setelah sebelumnya menggelar kompetisi desain logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day), akhirnya UNEP (The United Nations Environment Program) memilih satu logo sebagai logo resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015. Logo ini tentunya disesuaikan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care.

logo-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2015-01

Adalah Koonam Kandiyil Shibin (Shibin K.K.), desainer asal India yang kemudian memenangkan kompetisi desain logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Logo ciptaannya terpilih sebagai pemenang dan mengalahkan lebih dari 300-an desain karya 262 desainer yang berasal dari 70 negara. Dan logo karya Koonam Kandiyil Shibin inilah yang kemudian ditetapkan sebagai logo resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015.

Logo World Environment Day yang baru pertama kali disayembarakan ini berupa gambar sebuah lingkaran dengan angka tujuh. Lingkaran tersebut tersusun dari empat warna yakni kuning (#FFDD00), orange (#F7931D), hijau (#50B748), dan biru (#00ADEF). Lingkaran dengan keempat warna tersebut melambangkan planet bumi dengan unsur air, tanah, udara, dan flora dan fauna di dalamnya. Angka tujuh melambangkan tujuh miliar penduduk bumi. Logo tersebut bersanding dengan lambang UNEP dan tulisan tema Hari Lingkungan Hidup; Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care.

Angka tujuh pada logo sekaligus diibaratkan sebagai ‘pacman’; tujuh miliar orang, bumi menelan bagian dari dirinya sendiri. Tingginya tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi saat ini telah melampaui kapasitas regeneratif bumi untuk memperbaharui sumber daya alam yang dimilikinya. Dan dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pertumbuhan ekonomi, tekanan terhadap bumi di masa mendatang akan semakin berat.

Pada tahun 2015 ini, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day mengangkat tema “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“. Tujuh miliar manusia dengan berbagai keinginannya, menghuni satu bumi. Bumi yang menjadi satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi yang terus berlangsung, membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.

Pada tahun 2050 total penduduk bumi yang diperkirakan mencapai 9,6 milyar. Jika penduduk bumi tetap mempertahankan pola konsumsi dan produksi seperti saat ini, dibutuhkan hingga tiga buah bumi untuk mempertahankan pola hidup dan konsumsi masyarakat dunia. Padahal hingga saat ini, bumi tetap menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh manusia.

Oleh karena itu diperlukan perubahan pola konsumsi manusia terhadap sumber daya di bumi. Diperlukan pola hidup dan konsumsi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Segala kegiatan konsumsi dan produksi tetap memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungan. Sehingga bumi akan tetap menjadi sebuah planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh manusia dan anak cucunya. “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“.

referensi :

  • http://www.unep.org/wed/2015_slogan
  • http://www.unep.org/wed/wed2015
  • http://alamendah.org/2015/04/02/tema-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2015/
  • http://alamendah.org/2015/05/02/logo-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2015/