WP_20150821_001

Partisipasi Kantor Lingkungan Hidup dalam Pemalang Grand Expo 2015

Dalam upaya peningkatan kualitas dan akses informasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten  Pemalang, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Pemalang ikut serta dalam Pemalang Grand Expo 2015. Keikutsertaan KLH ini juga bertujuan meningkatkan edukasi, komunikasi dan peran serta masyarakat Pemalang dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

Tema “mimpi dan aksi bersama untuk keberlanjutan kehidupan di bumi” dipilih sesuai tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015 “seven billion dreams, one planet consume with care” dimana tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi saat ini telah melampaui kapasitas regeneratif bumi.

WP_20150821_007Pada Pemalang Grand Expo 2015, stan KLH mengajak dan melibatkan masyarakat secara aktif, spontanitas, kreativitas, dan modal sosial yang dimiliki untuk memanfaatkan kekayaan alam secara bijak dan berperan serta dalam pembangunan berkelanjutan dengan menampilkan animasi dan video edukasi tentang perubahan iklim, adaptasi pemanasan global, pengendalian erosi, pengelolaan sampah dan sebagainya.  Stan KLH juga menampilkan produk-produk ramah lingkungan seperti penyejuk ruangan ramah lingkungan dan hemat energi, yaitu pemanfatan AC bekas yang dimodifikasi dengan menghilangkan sistem pendingin freon -sebagai salah satu gas yang berperan dalam peningkatan Gas Rumah Kaca- dengan hanya menggunakan kipas, sehingga listrik yang digunakan cukup kecil (12-20 watt).

WP_20150823_014

Untuk edukasi masyarakat, stan KLH menampilkan beberapa jenis Mangrove dan cemara laut yang selain dimanfaatkan sebagai pencegah abrasi, mangrove juga memiliki nilai ekonomis apabila diolah menjadi sirup dan pewarna batik alami.  Pelibatan masyarakat pada Stan KLH ditampilkan dengan menampilkan hasil pemanfaatan sampah kain menjadi keset, kerajinan dari sampah anorganik, pupuk kompos dan pupuk cair organik hingga sampel batu bata dari sampah organik.

Sebagai wujud penghargaan dan sebagai motivasi masyarakat di Wilayah Kabupaten Pemalang, KLH menampilkan profil Isa Ansori -warga Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang- yang memperoleh Sertifikat Kalpataru Provinsi Jawa Tengah sebagai Peringkat II Perintis Lingkungan Hidup pada Tahun 2015. Isa Ansori merupakan Ketua Gapoktan “Sumber Rejeki” Desa Belik dan menjadi Kader Konservasi Alam mulai dari tahun 2007 hingga saat ini. Pada Tahun 2014, Isa Ansori mendapatkan Peringkat I Kader Konservasi Alam Provinsi Jawa Tengah.